PRIORITAS


Kunci Sukses untuk mencapai hasil yang memuaskan dalam segala sesuatu yang kita rencanakan, kerjakan, atau harapkan, bermula dari managemen kerja kita. Cara-cara kerja yang semrawut tanpa perencanaan yang matang dan baik, pasti tidak akan pernah menciptakan hasil yang memuaskan.

Berikut Peter Drucker, pakar dan perumus ilmu management, secara sederhana akan mengajarkan kepada kita merancang management kerja yang benar. Dia menjelaskan hukum pertama yang wajib dilakukan oleh seorang sukses adalah membuat perencanaan tentang hal-hal yang benar-benar ia butuhkan, atau yang ia harus lakukan atau yang harus ia tingkatkan. Dengan membuat perencanaan seperti itu, waktu kita tidak terbuang dengan hal-hal yang sebenarnya tidak mendatangkan manfaat. Lalu urutkanlah daftar-daftar tadi berdasarkan skala prioritas. Selanjutnya ambil satu maksimal dua tugas untuk dikerjakan dengan sungguh-sungguh hingga tuntas. Setelah tugas selesai dikerjakan, kembali lihat daftar prioritas. Tapi, jangan langsung ambil tugas berikutnya. Karena kondisi yang terus berubah. Apa yang sebelunya menjadi prioritas paling tinggi. Sehingga adalah sangat penting, jika kita kembali menyusun prioritas setiap kali kita akan mengambil tugas berikunya.

Peter Drucker sang pemilik dari pemikiran tersebut pun telah membuktikanya. Sebenarnya sebagai ahli managemen, sukses besar dalam dunia bisnis bukanlah hal yang sulit banginya. Tetapi ia malah menolak menjadi eksekutif bisnis padahal banyak sekali tawaran-tawaran dari perusahaan-perusahaan besar. Prioritas adalah jawabnya. Ilmu manajemen, ia tetapkan sebagai prioritas. Hasilnya peter berhasil menemukan prinsip-prinsip yang terbukti mendatangkan keuntungan bagi banyak perusahaan besar, selain itu dia juga menjadi pakar managemen yang paling dicari. Tapi jika peter melakukan keduanya, fokusnya akan terpecah, sehingga hasil yang didapatpun tidak maksimal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s