TIPS BERTAHAN DI TEMPAT KERJA


Hampir semua orang menginginkan bisa bertahan lama ditempatnya bekerja, apalagi kerjaan tersebut sudah sesuai dengan cita-caita atau keinginan kita. Disini dibahas mengenai hal-hal yang terkait dengan tingkah laku ditempat kerja agar disenangi oleh pimpinan perusahaan dan teman kerja sehingga kita bisa bekerja diperusahaan tersebut dalam jangka waktu lama.

  1. Tepat waktu

Pada awal kegiatan kita bekerja di perusahaan, kita harus selalu tepat waktu atau datang lebih awal. Pimpinan perusahaan selalu melakukan penilaian prestasi kerja kita dari catatan waktu kita. Catatan waktu kita yang buruk bahwa kita adalah pekerja yang tidak bertanggungjawab terhadap pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan. Sebagai pekerja akan lebih baik jika kita datang lebih awal dari waktu yang ditentukan 10-15 menit lebih awal. Kita harus membuktikan tanggungjawab kita terhadap pekerjaan dan perusahaan tempat kita bekerja agar perusahaan bisa memperoleh keuntungan  dari produktivitas pekerja yang meningkat. Sebagai pekerja kita harus ingat bahwa hanya perusahaan yang mendapatkan keuntungan yang bisa memberikan keuntungan pula kepada pekerjanya. Keuntungan yang diberikan bisa berupa bonus tahunan, kenaikan gaji, kenaikan jabatan, dan kemudahan lainya.

  1. Kehadiran

Selain catatan waktu, catatan kehadiran juga harus baik, jika tidak hal-hal yang tidak penting yang mendesak yang membuat kita terpaksa tidak bekerja, sebaiknya kita harus hadir ditempat kerja. Jika terpaksa harus absen, kita harus mengaturnya dengan memberitahukan pihak perusahaan terlebih dahulu dengan menjelaskan alsan ketidakhadiran kita pada hari itu. Biasanya pihak perusahaan memahami keperluan kita dan mengizikan kita untuk tidak bekerja atau mengambil cuti.

  1. Menaati peraturan

Sebagai pekerja yang baik, kita harus memahami dan menaati peraturan – peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Oleh karena itu kita harus membaca dan memahami secara terperinci peraturan-peraturan tersebut.  Jika ada peraturan yang memang kita tidak pahami, kita harus menakanya ke pihak perusahaan atau bagian SDM.

Selain itu, sebaiknya kita tidak lupa etika dalam bekerja. Misalnya mengambil waktu lebih banyak dari yang ditetapkan saat istirahat, tidur saat bekerja, atau menggunakan telepon kantor untuk keperluan pribadi.

  1. Waktu adalah kinerja

Sebaiknya kita selalu berusaha menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Jika pekerjaan kita memang sudah selesai, kita bisa bantu teman-teman sekerja dalam menyelesaikan pekerjaanya. Pelajari pekerjaan teman kerja, terutama jika kita memang sudah memahami tugas dan tanggungjawab pekerjaan kita sendiri. Hal ini berguna jika igin membantu teman kerja kita.

  1. Cepat beradaptasi

Banyak pekerja baru mengalami kegamangan atau canggung saat pertama kali bekerja dan membutuhkan waktu lama menghilangkanya. Perasaan ini muncul pada orang-orang yang belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Untuk mengurangi rasa gamang tersebut, sebelum menerima pekerjaan, kita bisa belajar singkat dengan pekerjaan yang akan kita lakukan, tanggungjawab yang diberikan , suasana kerja, budaya kerja, dan sebagainya. Kita juga harus taat kepada pimpinan perusahaan dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan. Jika ada hal yang kita tidak setuju, kita bisa membahasnya bersama pimpinan perusahaan atau bagian SDM tanpa harus membawa internal perusahaan keluar perusahaan.

  1. Akrab dengan teman kerja.

Untuk menghilangkan rasa canggung, kita harus menjalin hubungan baik dengan teman-teman kerja. Mereka harus kita anggap sebagai teman sejati. Selain itu ada baiknya berteman dengan semua orang. Waktu istirahat dan waktu makan biasanya waktu yang tepat bagi kita untuk mempererat jalinan persahabatan dengan teman-teman kerja, terutama dengan teman-teman yang lebih berpengalaman.

Advertisements

About Tips Sukses Kerja

Tipssukseskerja is the World of Work contains about where this blog will give you a solution about work issues you face everyday.
This entry was posted in TIPS SUKSES KERJA and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.