#Tips Mengenali Minat Dan Jenis Pekerjaan


Orang cenderung ragu dan tidak bisa memastikan jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keinginan. 

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka menghadapi masalah yang sama, yaitu tidak mampu menentukan jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan pencapaian akademiknya. 

Untuk itu, kita perlu merenungkan dengan baik apa minat dan kemampuan kita yang sebenarnya.

Perhatikan contoh kasus berikut ini, sebut aja Adrian dilahirkan di kota Medan. 

Dia adalah mahasiswa jurusan ilmu sosial di salah satu universitas di sumatera utara. Sebelum menjadi mahasiswa, dia pernah menjadi tenaga pengajar di sebuah sekolah dasar selama beberapa bulan. 

Karena memiliki minat mengajar, sayang terhadap anak-anak, dan memiliki pengalaman belajar, dia berkata, “saya ingin menjadi guru setelah tamat kuliah nanti”. 

Kita belum mengenal baik Adrian, terutama minat dan cita-cita. Untuk itu kita perlu memastikan apakah Adrian akan gembira dan senang menjadi guru dan apakah kemampuan akademis yang telah didapatkanya sesuai dengan cita-citanya?

Adrian suka menolong anak-anak dan para remaja yang bermasalah. 

Misalnya anak-anak yang sering mengalami kekerasan, anak-anak yatim yang memerlukan perlindungan dan bantuan, remaja yang lari dari rumah, atau remaja yang terlibat penyalahgunaan narkoba. Minat ini timbul ketika dia sadar perkembangan dunia remaja yang semakin tidak terkontrol dan kasus kekerasan terhadap anak-anak yang semakin meningkat. 

Sikap dia yang suka menolong dan membantu menyelesaikan masalah anak-anak dan para remaja berbeda dengan sikap tenaga pengajar, pendidik, atau pengurus sekolah pada umumnya.

Jadi minat dan cita-cita Adrian yang sebenarnya adalah menjadi pembimbing atau pekerjaan yang berkaitan dengan kemasyarakatan.

Karena dia bisa mendampingi anak-anak, serta remaja yang bermasalah yang memerlukan bantuan dan bimbingan konsultasi yang bersifat prifesional. 

Dia merasa puas dan senang jika dapat melakukan kerja-kerja sosial seperti itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s